4 Cara Menonaktifkan Iklan di YouTube

Pada saat ini, banyak video YouTube yang menampilkan iklan berbayar sebelum dan selama video diputar yang bertujuan untuk mendapatkan uang dan penghasilan tambahan. Walaupun iklan yang ditampilkan bisa membantu mendukung pembuat video yang Anda sukai, kadang-kadang Anda tidak ingin melihat iklan sepanjang 30 detik hanya untuk menonton video yang berdurasi 15 detik. Untungnya, Anda dapat memasang ekstensi pemblokir iklan di hampir semua peramban (browser) untuk melewati (skip) iklan tersebut sepenuhnya. Di perangkat seluler, Anda juga bisa menggunakan peramban pemblokir iklan untuk melewati iklan yang tidak diinginkan.

1
Chrome

Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 1

1. Klik tombol Menu (☰), kemudian pilih "More tools" → "Extensions". Sebuah tab baru berisi ekstensi yang telah terpasang akan terbuka.
  • Bacalah uraian di bagian bawah apabila Anda ingin memblokir iklan video YouTube pada perangkat seluler.

 Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 2

2. Klik "Get more extensions" di bagian bawah daftar. Toko web (web store) Chrome akan terbuka.

Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 3 

3. Lakukan pencarian dengan kata kunci "ad block" dan buka "Extensions". Sebuah daftar berisi berbagai macam ekstensi yang dapat digunakan untuk memblokir iklan akan ditampilkan, termasuk iklan di situs YouTube. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 4 

4. Telusuri hasil pencarian tersebut untuk mencari pemblokir iklan yang cocok. Hasil pencarian Anda akan menampilkan banyak pilihan. Carilah ekstensi yang mendapatkan banyak ulasan baik. Ingatlah bahwa walaupun ada beberapa ekstensi yang mempunyai nama mirip, semuanya dibuat oleh perusahaan yang berbeda. Beberapa ekstensi populer di antaranya:
  • AdBlock
  • Adblock Plus
  • Adblock for YouTube
  • uBlock Origin
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 5

5. Pasang ekstensi yang Anda pilih dengan mengeklik tombol "Add to Chrome". Lakukan konfirmasi bahwa Anda memang ingin memasangnya. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 6 

6. Cobalah memainkan video YouTube. Jika Anda telah memasangnya, ekstensi tersebut akan langsung berjalan. Logo ekstensinya akan ditampilkan di samping kanan bilah alamat (address bar). Kunjungi situs YouTube, kemudian cobalah menonton video untuk melihat apakah masih ada iklan yang ditampilkan atau tidak. Sebagian ekstensi mungkin akan meminta Anda untuk memulai ulang (restart) Chrome agar bisa berfungsi. Anda akan diberi tahu apabila hal ini harus dilakukan..

Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 7 

7. Periksa pengaturan ekstensinya apabila tetap ada iklan yang muncul di video YouTube. Ekstensi pemblokir iklan biasanya secara otomatis akan memblokir iklan di permulaan video dan iklan berbentuk banner. Pada beberapa ekstensi, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu.
  • Klik logo ekstensi yang ada di samping bilah alamat, kemudian pilih "Options", "Settings", atau tombol berbentuk gir.
  • Cari dan aktifkan pengaturan yang terkait dengan YouTube. Periksa daftar regional yang ada di bagian "Filter" di menu pengaturan.
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 8

8. Cobalah menggunakan ekstensi lain jika iklannya tetap muncul. Ekstensi untuk peramban Chrome dapat dipasang dan dihapus dengan mudah. Jadi, apabila sebuah ekstensi tidak bisa berjalan dengan baik, cobalah menggunakan ekstensi lain.
  • Anda bisa menghapus ekstensi yang sudah tidak digunakan melalui menu Extensions (chrome://extensions/. Hapus ekstensinya dengan mengeklik tombol berbentuk tempat sampah yang ada di samping ekstensi tersebut.
  • Sebaiknya Anda tidak menjalankan beberapa pemblokir iklan sekaligus karena tindakan ini bisa mengakibatkan konflik.

2
Internet Explorer dan Microsoft Edge


Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 9

1. Klik menu Tools atau tombol berbentuk gir, kemudian pilih opsi "Manage add-ons". Apabila menu ini tidak muncul, tekan tombol Alt.
  • Microsoft Edge tidak dapat diberi tambahan ekstensi. Jadi, apabila Anda menggunakan Edge sebagai peramban utama, Anda tidak akan bisa memblokir iklan di YouTube. Gunakan Internet Explorer untuk menampilkan videonya, kemudian beralihlah ke Edge jika Anda ingin menonton video YouTube.
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 10

2. Klik tautan "Find more toolbars and extensions". Tautan ini berada di bagaian bawah jendela Manage Add-on. Sebuah tab baru yang berisi Internet Explorer Gallery akan terbuka. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 11 

3. Klik tombol "Add" yang ada di samping Adblock Plus. Tombol ini berada di bagian atas daftar. Komputer akan mulai mengunduh installer
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 12 

4. Jalankan installer Adblock Plus. Pasang Adblock Plus untuk Internet Explorer dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Ketika ekstensi ini dipasang, Internet Explorer akan ditutup.
  • Apabila installer tidak berfungsi dengan baik, unduh versi terbarunya di adblockplus.org, kemudian cobalah memasangnya kembali.
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 13

5. Jalankan Internet Explorer, kemudian klik "Enable". Ketika menjalankan Internet Explorer untuk pertama kalinya, Anda harus mengonfirmasikan bahwa Anda memang ingin memuat Adblock Plus. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 14 

6. Cobalah memainkan video di YouTube. Jika pengaturannya dibiarkan secara default, Adblock Plus akan memblokir iklan YouTube secara otomatis. Cobalah memutar video di YouTube untuk melihat apakah ekstensi ini berfungsi dengan baik atau tidak. 

3
Firefox

Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 15 

1. Klik tombol Menu (☰), kemudian pilih opsi "Add-on". Menu Extensions akan dibuka di tab yang baru. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 16 

2. Klik "Get Add-on" yang ada di menu sebelah kiri. Ini akan membuka sebuah halaman yang berisi berbagai macam pengaya (add-on) untuk Firefox. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 17 

3. Lakukan pencarian dengan kata kunci "adblock". Berbagai macam ekstensi pemblokir iklan akan ditampilkan di hasil pencarian. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 18 

4. Carilah ekstensi pemblokir iklan yang ingin dicoba. Terdapat banyak ekstensi yang dapat Anda pilih. Bacalah deskripsi dan ulasannya untuk mencari pemblokir iklan yang cocok dengan keinginan Anda. Kebanyakan pemblokir iklan populer akan memblokir iklan di YouTube tanpa mengharuskan Anda untuk melakukan konfigurasi tambahan. Beberapa ekstensi yang populer di antaranya:
  • Adblock Plus
  • AdBlock Ultimate
  • Adguard AdBlocker
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 19


5. Klik "Install" yang ada di samping ekstensi yang Anda pilih. Ekstensi tersebut akan langsung dipasang dalam waktu hanya beberapa detik. Sebuah tab baru akan muncul yang menandakan bahwa ekstensi tersebut sudah dipasang dengan benar. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 20 

6. Cobalah memainkan video di YouTube. Setelah terpasang, ekstensi tersebut akan langsung aktif. Lakukan pengujian dengan menonton video di YouTube untuk memastikan apakah ekstensinya berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Beberapa ekstensi (misalnya AdBlock Plus), secara default masih mengizinkan beberapa iklan, termasuk iklan YouTube berbentuk banner. Ini dapat dinonaktifkan dengan mengeklik ikon ekstensinya di bilah alat (toolbar), kemudian memilih "Filter preferences", dan menghilangkan centang pada "Allow some non-intrusive advertising".

4
Android dan iOS 

Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 21 

 

1. Bersihkan pengaturan default untuk aplikasi YouTube (pada perangkat Android). Sebelum memasang peramban pemblokir iklan, bersihkan pengaturan aplikasi YouTube agar tautan YouTube tidak dibuka di aplikasi tersebut. Ini membuat video YouTube akan diputar di peramban pemblokir iklan yang Anda pasang.
  • Buka aplikasi Settings.
  • Ketuk "Apps" atau "Aplications".
  • Dari daftar aplikasi yang terpasang, pilih YouTube.
  • Ketuk tombol "Clear Defaults".
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 22


2. Unduh AdBlock Browser. Peramban gratis untuk perangkat seluler ini dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang memproduksi ekstensi peramban AdBlock untuk komputer. Aplikasi ini dapat diunduh di iOS App Store atau Google Play Store. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 23 

3. Kunjungi situs YouTube menggunakan AdBlock Browser, kemudian carilah video yang diinginkan. Anda akan menontonnya melalui situs seluler, bukan melalui aplikasi. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 24 

4. Mulailah menonton videonya. Apabila Anda menontonnya melalui peramban, tidak akan ada iklan yang muncul. 
Gambar berjudul Turn Off Ads on YouTube Step 25 

5. Pasang AdBlock di semua perangkat (untuk Android). Apabila Anda ingin memblokir iklan di mana saja, termasuk di aplikasi YouTube, pasanglah AdBlock di seluruh perangkat Android yang Anda miliki. Anda harus melakukan sedikit konfigurasi dan pemantauan. Ini juga hanya bisa berjalan pada jaringan Wi-Fi.
  • Berkas APK AdBlock dapat diunduh di adblockplus.org/en/android-install. Anda harus mengaktifkan opsi "Unknown sources" yang ada di bagian Security di aplikasi Settings.
  • Lakukan pengaturan agar koneksi nirkabel terhubung melalui proxy. Seluruh lalu lintas internet akan dikirim melalui aplikasi AdBlock sebelum mencapai peramban atau aplikasi lain. Untuk mendapatkan petunjuk konfigurasi yang terperinci. 

Sources :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Menonaktifkan Iklan di YouTube"

Posting Komentar